ISO 9001 – Quality Management System (QMS)

ISO 9001 Quality Management System

ISO 9001 adalah Standar Internasional untuk Sistem Manajemen Mutu.

HELPS YOU WITH

Customer Satisfaction, Process Improvement, Product Improvement, Pre-Qualification and Requests for Quotation, Operational Efficiency, Internal Auditing, Risk Management, Training and Competence and Brand and Reputation.

Note: Anda masih dapat mengajukan permohonan baik untuk versi 9001:2008 atau 9001:2015. Sertifikat yang dikeluarkan untuk versi 9001:2008 akan memiliki masa berlaku sampai akhir masa transisi (September 2018).


WHAT IS ISO 9001?

ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional untuk Sistem Manajemen Mutu (QMS) dari keluarga ISO 9000. Ini adalah standar QMS yang paling banyak digunakan di dunia, dengan lebih dari 1,1 juta sertifikat dikeluarkan untuk organisasi di 178 negara.

ISO 9001 menyediakan kerangka kerja dan serangkaian prinsip yang memastikan pendekatan akal sehat terhadap manajemen organisasi Anda untuk secara konsisten memuaskan pelanggan dan pemangku kepentingan lainnya. Secara sederhana, ini memberikan dasar bagi proses yang efektif dan orang-orang yang efektif untuk memberikan produk atau layanan yang efektif dari waktu ke waktu.

IS ISO 9001 RIGHT FOR ME?

Setiap organisasi dapat memanfaatkan penerapan ISO 9001: 2008 atau ISO 9001: 2015 karena persyaratannya didukung oleh delapan prinsip manajemen universal:

  1. Sebuah organisasi yang fokus pada pelanggan
  2. Kepemimpinan
  3. Keterlibatan orang
  4. Memastikan pendekatan proses
  5. Pendekatan sistematis terhadap manajemen
  6. Pendekatan faktual untuk pengambilan keputusan
  7. Hubungan pemasok yang saling menguntungkan
  8. Perbaikan terus-menerus

“The combination of detailed knowledge of the standard, and our industry knowledge is what produces the culture of quality improvement that we consider essential to maintaining our market leading position.” Jacuzzi

CHOOSING BETWEEN 2008 AND 2015 VERSIONS

Organisasi saat ini dapat memilih antara menerapkan ISO 9001 2008 atau 2015. Semua organisasi harus beralih ke versi 2015 pada akhir tahun 2018. Versi 2015 merupakan pemikiran dan praktik terbaik yang paling mutakhir dalam manajemen mutu.

Namun, pilihan akan tergantung pada preferensi dan situasi Anda. Kami telah menjelaskan beberapa pertimbangan utama di bawah ini:

Organisasi saya mungkin memilih ISO 9001: 2008 karena:

  • Kami memiliki sistem yang ada sesuai dengan versi 2008 dan kami ingin mendapatkan sertifikasi sebelum mengubah SMM kami menjadi standar baru.
  • Ingin mendapatkan sertifikasi sekarang dan memungkinkan pemahaman industri berkembang sebelum mengadopsi standar baru ini ke dalam SMM kami.
  • Kami mentransfer dengan sertifikasi 2008 yang ada.

Organisasi saya mungkin memilih ISO 9001: 2015 karena:

  • Kami ingin menerapkan praktik terbaik saat ini dan bukti masa depan sistem bisnis kami.
  • Memiliki ISO 9001: 2015 akan menunjukkan kepada pelanggan dan pemangku kepentingan bahwa saya up to date.
  • Kami mengintegrasikan sistem manajemen mutu dengan sistem manajemen lingkungan kami dan ingin menggunakan Lampiran SL untuk mempermudah proses ini.
  • Kami ingin sertifikat kami memiliki durasi tiga tahun penuh daripada berakhir pada bulan September 2018, sehingga memberi kami nilai uang yang lebih baik.

BENEFITS OF ISO 9001 CERTIFICATION

  • Customer satisfaction. Kirimkan produk yang secara konsisten memenuhi persyaratan pelanggan.
  • Reduced operating costs. Perbaikan proses secara berkesinambungan dan efisiensi operasional berarti uang yang disimpan.
  • Improved stakeholder relationships. Perbaiki persepsi organisasi Anda dengan staf, pelanggan dan pemasok.
  • Legal compliance. Pahami bagaimana persyaratan undang-undang dan peraturan mempengaruhi organisasi dan pelanggan Anda.
  • Improved risk management. Konsistensi dan ketertelusuran produk dan layanan yang lebih besar berarti masalah lebih mudah dihindari dan diperbaiki.
  • Proven business credentials. Verifikasi independen terhadap standar industri yang diakui secara global berbicara banyak.
  • Ability to win more business. Spesifikasi pengadaan seringkali membutuhkan sertifikasi sebagai syarat untuk memasok, sehingga sertifikasi membuka pintu.

STEPS TO ISO 9001 CERTIFICATION

Permohonan pendaftaran dilakukan dengan melengkapi kutipan singkat secara online atau formulir permintaan Permintaan ISO 9001. Ini memberikan informasi tentang organisasi Anda sehingga kami dapat menentukan ruang lingkup penilaian secara akurat.

Penilaian ISO 9001 dilakukan oleh Auditor – ini terdiri dari dua kunjungan wajib yang membentuk Audit Sertifikasi Awal (dijelaskan di bawah). Harap dicatat bahwa Anda harus dapat menunjukkan bahwa sistem manajemen Anda telah beroperasi penuh selama minimal tiga bulan dan telah menjalani tinjauan manajemen dan siklus penuh audit internal.

Sertifikasi ISO 9001 dikeluarkan oleh Badan Sertifikasi dan dipelihara melalui program audit surveilans tahunan dan audit rekertifikasi tiga tahunan.

NEXT STEPS

Training – Kami menyediakan berbagai pilihan pelatihan terakreditasi IRCA dan CPD yang sesuai dengan kebutuhan dan anggaran Anda. Ini memberi Anda keterampilan untuk menerapkan, mengaudit dan mengelola sistem manajemen mutu yang efektif.

Gap Analysis – Kami dapat melakukan analisis kesenjangan untuk membantu Anda menentukan kemungkinan beban kerja dan skala waktu untuk menerapkan sistem manajemen mutu yang akan mencapai sertifikasi ISO 9001. Anda bisa menggunakan ini untuk merencanakan implementasi atau konsultasi singkat. Pertama, pastikan untuk mendownload Gap Analysis ISO 9001: 2015 untuk Anda mulai.

Get a Quote – Kami akan memberi Anda indikasi yang jelas tentang biaya untuk mendapatkan dan mempertahankan sertifikasi. Anda dapat melengkapi kutipan singkat secara online atau melengkapi formulir permintaan kutipan ISO 9001 dan mengirimkannya langsung ke tim marketing kami.

GET IN TOUCH

Kami dapat memberi saran tentang bagaimana mencapai sertifikasi, pelatihan terkait, sumber daya bermanfaat dan menemukan konsultan yang memiliki reputasi baik.

Contact our business advisors on +62 31 – 5630303 or submit a contact us form.