HACCP – Hazard Analysis and Critical Control Points

Header HACCP

 

HACCP adalah sistem manajemen untuk keamanan pangan yang membantu organisasi mengelola risiko kontaminasi dalam rantai pasokan makanan.

HELPS YOU WITH

Food safety, risk management, contamination risk, ISO 22000, supply chain, food chain, customer needs.

WHAT IS HACCP?

Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) difokuskan pada pengembangan, implementasi dan peningkatan keamanan pangan untuk setiap organisasi dalam rantai pasokan makanan. HACCP didasarkan pada 7 Prinsip yang digariskan dalam Codex Alimentarius Commission (CAC) yang memberikan kontrol keamanan makanan secara efektif.

IS HACCP RIGHT FOR ME?

Sertifikasi Hazard Analysis and Critical Control Point (HACCP) segera menunjukkan kepada pelanggan komitmen Anda untuk memproduksi atau melakukan perdagangan makanan yang aman. Pendekatan berbasis bukti ini dapat sangat bermanfaat bila Anda dikenai pemeriksaan oleh pihak berwenang atau pemangku kepentingan.

Sertifikat HACCP akan memberi kredibilitas dan pengakuan bisnis Anda lebih baik karena reputasi badan sertifikasi kami sebagai lembaga sertifikasi internasional yang diakui.

Hal ini dapat digunakan oleh organisasi manapun yang secara langsung atau tidak langsung terlibat dalam rantai makanan termasuk penyedia layanan makanan (kantin, restoran, rantai makanan cepat saji, katering, rumah sakit, hotel, dll.), Peternakan, perikanan, perusahaan susu, pengolah makanan untuk manusia dan konsumsi ternak dan layanan pendukung seperti transporter dan distributor.

HACCP merupakan titik awal bagi organisasi yang ingin maju untuk menerapkan standar keamanan pangan ISO 22000.

WHAT ARE THE BENEFITS OF HACCP CERTIFICATION?

Menunjukkan komitmen nyata terhadap keamanan pangan melalui kepatuhan HACCP juga dapat mengubah merek Anda dan bertindak sebagai alat masuk pasar yang efektif, membuka peluang bisnis baru di seluruh dunia. Sebagai tambahan,

  1. Framework – untuk membangun, menerapkan dan menunjukkan sistem manajemen keamanan Pangan yang kuat
  2. Customer satisfaction – melalui penyampaian produk yang secara konsisten memenuhi kebutuhan pelanggan termasuk kualitas, keamanan dan legalitas
  3. Reduced operating costs – dengan mengurangi risiko hukuman finansial yang disebabkan oleh recall produk dan dengan demikian memastikan pengiriman makanan yang aman
  4. Legal compliance – Memastikan bahwa organisasi Anda mematuhi persyaratan undang-undang, peraturan dan kontrak.
  5. Operational efficiency – Meningkatkan efisiensi operasional dengan mengadopsi pendekatan proaktif melalui identifikasi bahaya, menentukan dan memantau batas-batas kontrol kritis, ketertelusuran produk, verifikasi dan validasi produk dan pengendalian ketidaksesuaian selaras dengan rencana HACCP di sana dengan meningkatkan keefektifan keseluruhan makanan Anda. sistem manajemen keselamatan
  6. Ability to win more business – terutama jika spesifikasi pengadaan memerlukan sertifikasi sebagai syarat untuk memasok.

Bekerja sama dengan kami untuk mencapai kepatuhan HACCP dan memenuhi harapan dunia yang terus berubah.

CERTIFICATION PROCESS FOR HACCP

Kami membuat proses sertifikasi HACCP sederhana. Setelah kami menerima lamaran, kami menunjuk koordinator klien yang akan membimbing Anda dan bisnis Anda melalui langkah-langkah berikut:

GAP ANALYSIS

Ini adalah layanan pra-penilaian opsional di mana kita melihat lebih dekat sistem manajemen keamanan makanan yang ada dan membandingkannya dengan persyaratan HACCP berdasarkan 7 Prinsip.
Ini membantu mengidentifikasi area yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan sebelum kita melakukan penilaian formal, menghemat waktu dan uang Anda.

FORMAL ASSESSMENT

Hal ini terjadi dalam dua tahap:

Tahap – 01 – Documentation review: Kami meninjau kesiapsiagaan organisasi Anda untuk penilaian dengan memeriksa apakah prosedur dan kontrol HACCP yang diperlukan telah dikembangkan. Penilai akan:

  • Konfirmasikan bahwa manual sistem manajemen sesuai dengan persyaratan persyaratan HACCP.
  • Konfirmasikan status penerapannya
  • Konfirmasikan lingkup sertifikasi
  • Periksa Rencana HACCP, kepatuhan legislatif dan persyaratan pelanggan
  • Buatlah rencana penilaian dan konfirmasikan tanggal kunjungan penilaian Tahap 2.

Tahap – 02 – Certification – Tinjauan pelaksanaan: Kami meninjau kembali semua persyaratan yang ada dan kemudian akan menilai pelaksanaan prosedur dan kontrol di dalam organisasi Anda untuk memastikannya bekerja secara efektif sesuai persyaratan sertifikasi.

Penilai akan:

  • Lakukan audit sampel terhadap proses dan aktivitas yang didefinisikan dalam lingkup penilaian termasuk metode produksi, pengendalian.
  • Rencana dan prosedur HACCP, serta menguji kemampuan dan pengetahuan personil Anda dalam keamanan pangan dan juga aplikasi praktis
  • Dokumentasikan bagaimana sistem sesuai dengan standar
  • Laporkan ketidakpatuhan atau potensi ketidakpatuhan apa pun
  • Menghasilkan rencana kunjungan untuk kunjungan surveilans pertama.

Harap dicatat bahwa jika ada ketidaksesuaian utama yang diidentifikasi, organisasi tidak dapat disertifikasi sampai tindakan perbaikan dilakukan dan diverifikasi.

CERTIFICATION AND BEYOND

Bila Anda telah lulus penilaian formal, Anda akan menerima sertifikat HACCP, yang berlaku selama tiga tahun. Penilai kami akan melakukan kunjungan pengawasan tahunan dan kunjungan sertifikasi ulang tiga tahunan selama ini untuk memastikan sistem Anda tidak hanya sesuai, namun terus ditingkatkan.

HACCP memberikan dasar yang kuat untuk penerapan ISO 22000 yang akan menjadi langkah selanjutnya bagi sebuah organisasi dan merupakan standar internasional untuk sistem manajemen keamanan pangan.

TALK TO US

Kami dapat memberi saran tentang bagaimana mencapai sertifikasi, pelatihan terkait, sumber daya bermanfaat dan menemukan konsultan yang memiliki reputasi baik.

Contact our business advisors on +62 31 563 0303 or submit a contact us form.